KBB#12 Cheese Souffle







Akhirnya aku di terima juga jadi anggota KBB. untuk pertama kalinya, aku ikut tantangan KBB, yaitu KBB#12 Cheese Souffle. Setelah dapat surat cinta, aku ngumpulin bahan2 dan mulai membuat soufflenya. Aku buat sebanyak 2 kali. Yang pertama, Cheese souffle tanpa modifikasi. Setelah selesai memanggang, ternyata yang sulit adalah pemotretannya. Karena souffle sangat mudah mimpes. Padahal tempat untuk motret sudah disiapin sebelum keluar dari oven. tetapi tetep aja pas di foto mimpes. setelah baca di milis, ada ide kalo tempat motretnya harus deket dengan oven. Aku buat souffle yang kedua dengan dimodifikasi pake smoked beef dan seledri (karena ga ada peterseli). Dan rasanya lebih gurih. Tempat motretnya aku deketin dengan oven, dan hasilnya lumayan bagus dibanding yang pertama.

Cheese Souffles
Sumber: The Perfect Cookbook by David Herbert. Penguin Books Australia Ltd 2003.

100g unsalted butter / mentega tawar
½ cup plain (all-purpose) flour / tepung terigu
300ml milk / susu
1 cup grated cheddar / cheddar parut
2 Tbs / sdM freshly grated parmesan / parmesan parut (aku pake edam krn parmesan ga punya)
½ tsp Dijon mustard / mustard Dijon (pake mustard maestro yang ada di rumah)
pinch / sejumput cayenne pepper (pake bubuk cabe merah)
4 eggs / telur, separated / pisahkan



Lelehkan mentega di panci kecil dengan api kecil. Tambahkan tepung lalu masak sambil diaduk-aduk selama 1 menit. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan whisk terus menerus dengan api sedang hingga adonan lembut, mengental dan mendidih. Biarkan dingin sejenak selama 5 menit.

Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan masukkan keju cheddar, parmesan, mustard dan cayenne pepper. Aduk rata.

Kocok ringan kuning telur dan masukkan ke dalam adonan keju. Aduk rata.

Kocok putih telur menggunakan electric mixer hingga mencapai firm peak. Masukkan seperempat adonan putih telur ke dalam adonan keju untuk sedikit 'melemaskan' adonan, lalu masukkan sisanya perlahan.

Sendokkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan lalu panggang selama 20-25 menit, atau hingga mengembang naik dan kecoklatan. Jangan tergoda untuk membuka oven sebelum souffles betul-betul sudah mengembang/naik. Hidangkan segera.

Comments

  1. sama bu, souffle ku juga masih di oven dapet yg naiknya yg di luar keburu mingpes....hihihi
    sherr

    ReplyDelete
  2. hehehe....ternyata bagiku yang pertama kali ikut KBB udah bikin keringetan karna stress pas ngambil foto soufflenya ya mba...

    ReplyDelete

Post a Comment