KBB#17: Savoury Bake



Eng ing eng.....surat cinta dari KBB sudah datang. Walah tantangannya lebih susah nih. Soalnya buat puff pastry. Mana belum sekalipun membuat pastrynya sendiri. Tapi untungnya, kali ini puff pastrynya bisa beli jadi. Tapi rasanya kurang asyik kalo ga nyoba membuat sendiri. Bongkar punya bongkar resep-resep punya mama, akhirnya nemu salah satu resep puff pastry yang pernah mama coba buat dan katanya hasilnya bagus. Hari minggu kemaren, satu hari ini adalah hari puff pastry. Karena perlu meluangkan waktu cukup lama kalo mo membuat pastry sendiri. Alhasil, seperti dibawah ini.



Puff Pastry
Resep dari Heaven Team

Bahan :
500 gr Tepung Cakra
20 gr gula pasir
10 gr garam
25 gr margarine
225 cc air dingin
200 gr korsvet



Cara membuat :
Campur gula pasir dan garam ke dalam air es. Masukkan larutan tersebut ke dalam tepung dan diulenin sampai tercampur rata.
Masukkan margarine sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan diulenin sampai ¾ kalis.
Adonan dibulatkan, setelah itu adonan dipotong tidak sampai putus empat bagian, setelah itu dibuka dan dimasukan korsvet dan ditutup seperti amplop.
Adonan digilas kira-kira panjang 50 cm, lebar 23 cm tinggi 1 cm setelah itu dilipat menjadi 3 lipatan dan diistirahatkan 10 menit.
Adonan digilas kembali seperti di atas kemudian dilipat menjadi 4 diistirahatkan 15 menit.
Adonan digilas kembali seperi di atas dan dilipat menjadi 3, lalu diistirahatkan 30 menit.
Adonan digilas lagi dan dilebarkan sesuai ukuran yang diinginkan. (menggunakan cetakan pie 20 cm)
Adonan setelah dibentuk, lalu dipoles dengan kuning telur dan dioven 200 °C. (Sebelum dipanggang diamkan kurleb 25 menit).

Mushroom Cheese
Resep by Sisca Soewitomo
Bahan :
2 sdm margarine
1 bh Bombay
150 ml susu cair
5 butir telor
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
200 gr jamur kancing diiris
3 lbr daging asap
50 gr keju cheddar (parut)



Cara membuat :
Panaskan margarine, tumis Bombay hingga harum, lalu masukkan daging asap. Setelah matang, masukkan susu cair, telur, garam, merica. Aduk rata.

Assembly :
Masukkan isi (mushroom cheese dalam cetakan pie tersebut), tata jamur kancing dan keju cheddar parut. Lalu buat Lattice diatasnya dan dioleskan kuning telur.





Kesulitan yang aku temukan dalam membuat pastry adalah saat menguleni adonan, dan memerlukan kesabaran dalam pengolesan/pemberian korsvet. Karena 1 layer dioles korsvet dan disimpan di dalam kulkas kurleb 10 - 15 menit per layer. Sedangkan perlu dilakukan sampai 4x hal tersebut di atas. Untuk filling, tidak terlalu sulit karena membuatnya seperti membuat ragut. Oh iya, untuk lattice nya, aku mengalami kesulitan karena butuh ketelatenan. satu demi satu di jalin. sehingga membentuk kepangan.

Comments

  1. hebat semangatnya Mba. Mushroom Cheese Pie nya pasti eunak

    ReplyDelete
  2. makasih mba widya......tapi pastry belum sukses mba. masih perlu banyak belajar mba.

    ReplyDelete

Post a Comment