KBB#18 Macarons





Macarons…………waduh, ini dia nih tantangan sulit rasanya. Namanya seperti macaroni, tapi bahan dasarnya tidak terbuat dari macaroni. Tetapi dari putih telur dan gula atau kadang disebut meringue. Bahannya mudah sekali di dapat. Tapi dalam pembuatannya, sumpah deh sulit ternyata. Udah gitu ada aja halangannya. Dari info dimilis, karena bulan Juli adalah bulan liburan, maka yang mo liburan boleh minta lebih dahulu surat cintanya. Karena aku mo liburan, makanya aku minta duluan surat cintannya. Dengan semangat dan tekad bulat, akhirnya aku buat PR KBB, membuat macarons. Praktek pertama gagal. Pengocokan kurang lama, sehingga meleber kemana-mana………hehehehe……masih dengan semangat, besoknya, aku buat lagi. Dan lumayan hasilnya. Dan semua udah aku dokumentasikan di kamera. Tapi ternyata apes, kameraku jatuh di kidzania. Gubrak……data-data foto macaronsku dll gimana nih. Ternyata rusak semua. Kesalahan terbesarku adalah, setelah mendokumentasikan praktek macarons, seharusnya langsung aku transfer ke PC. Tapi ternyata lupa. Akhirnya jadi patah semangat. Malas banget mau buat macarons lagi. Mungkin karena shock ama kameraku yang rusak. Untung aja sempat ngobrol ama Lanny dan sharing cerita praktek macarons. Akhirnya buat lagi. Praktek yang ketiga, sudah berkaki tapi atasnya cepet banget retaknya. Belum puas dengan hasil ketiga, akhirnya aku praktek yang keempat. Dan akhirnya berhasil. Bentuknya udah bulat, berkaki dan atasnya bagus. Tidak rapuh lagi. Berhasil…..berhasil…….Sayang hasilnya harus aku foto pake kamera HP. Hiks. Waduh, sharing cerita macarons kali ini, panjang nih. Udah ah. Sekarang mo nulis resepnya aja.



Pink Macarons
Sumber: Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. The Australian Women Weekly.

3 putih telur
2 sdm gula caster (aku pake 25 gram gula pasir yang ku blender sebentar)
pewarna pink
200g icing sugar
120g almond meal (aku cuman pake 100 gr almond bubuk)
2 sdM icing sugar, ekstra (aku ga pake)



Siapkan loyang, olesi mentega tipis-tipis; alasi dengan baking paper. Almond bubuk dan icing sugar aku blender lagi dan aku saring. Disisihkan. Kocok putih telur hingga soft peak, tambahkan gula dan pewarna, terus kocok hingga gula larut. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih besar. Masukkan icing sugar dan almond yang sudah di saring tadi, aduk hingga tercampur rata. Sendokkan adonan ini ke dalam piping bag dengan spuit 1.5cm polos. Semprotkan ke atas loyang, bentuk bulat-bulat dengan jarak 2cm. Ketuk-ketukkan loyang di atas meja kerja supaya macarons merata. Biarkan selama 15 menit.



Panaskan oven dengan suhu 150C/130C fan-forced. Panggang macarons sekitar 20 menit. Biarkan 5 menit, lalu pindahkan ke rak pendingin.



Rekatkan dua keping macarons dengan ganache. Taburkan sedikit icing sugar, jika dikehendaki.

White Chocolate Ganache
100g white eating chocolate, potong-potong kasar
2 sdm thickened cream/heavy cream (krim kental)

Masukkan dan aduk white chocolate dengan krim kental dalam panci di atas api kecil hingga halus. Pindahkan ke mangkuk yang lebih kecil. Tutup, dinginkan di kulkas hingga adonan dapat dioles.

Comments

  1. mbak santi, cantik deh macarons nya, ak ikut sedih kameranya jatuh.. pasti keki bgt, tp tetep cantik kok mbak meskipun pk hp fotonya.. :)

    ReplyDelete
  2. makasih mba monica....iya sedih dan bukan keki lagi mba...skg ga punya kamera utk moto2 kueku. harus minjem suami dulu...hehehe...kudu nabung dulu mba....btw, tetap semangat mencoba macaronnya mba...

    ReplyDelete
  3. lucu ya bentuknya rapi, atasnya flat mulus, bentuk yang ndak sering aku temui klo googling macaroon, berkaki... Selamat yaaa... jangan sedih sedih yaaa, semoga habis ini dapat ganti kameranya..
    Lukie

    ReplyDelete
  4. sebenarnya mba, ga semuanya atasnya flat mulus. ada juga yang retak dikit. jadi kupilihin aja mba. Insyaallah ga sedih lagi mba. biar cepet dapat ganti kamera baru...hihihihi....

    ReplyDelete
  5. makasih mba arfi...........hehehehe....

    ReplyDelete
  6. di resep pembuatan macaron apakah menggunakan tepung??

    ReplyDelete
  7. mba dana, yang dimaksud tepung ini tepung apa ya mba. Apakah tepung terigu atau tepung gula. Aku pake icing sugar semacam gula halus tapi lebih lembut dan tidak bergumpal (mudah-mudahan bener pengertiannya) dan tidak menggunakan tepung terigu. Jadi bahan yang berbentuk tepung di macaron adalah icing sugar dan almond powder mba. Semoga bisa menjawab pertanyaan mba dana. Terima kasih ya mba untuk pertanyaannya.

    ReplyDelete
  8. mba gilby...yg di maksud icing sugar itu apa gula halus yg biasa buat taburan donat?? kmarin aq buat tekstur pembuatan sampe pencetakan sempurna..eeh pas masuk open suhu 150c ko jad meleh dan kecampur satu sama lain?? kenapa ya??

    ReplyDelete
  9. mba nevin, icing sugar sama dengan gula halus tp bukan gula donat. utk proses adonan yang meleleh mungkin karena pengocokan putelnya kurang sempurna mba. tks

    ReplyDelete

Post a Comment