KBB#19 Birthday Edition




Ga berasa ternyata aku udah jadi anggota KBB udah setaon. Dan di ultah KBB yang ke 3 kali ini, tantangannya memilih resep dari KBB#1 - 18. Karena aku termasuk anggota yang masih baru, mulai bergabung di KBB#12, maka pengen banget bisa membuat semua tantangan KBB dari KBB#1-11 yang belum pernah aku ikutin. Tapi sayangnya karena waktu sempit karena adanya lebaran dan mudik, sidak di dapur dan ternyata hanya ada bahan-bahan untuk onbitjkoek, maka kali ini buat onbitjkoek. Seandainya masih ada waktu lagi, aku akan coba buat pizza dan pie brest.



ONBITJKOEK

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.


Bahan :

125g gula palem/gula merah

5 kuning telur

3 putih telur

campur rata :

125g tepung terigu,

1 sdt peres kayumanis bubuk,

½ sdtpala bubuk,

¼ sdt cengkih bubuk



taburan :

50g kenari, iris tipis (aku pake sukade)




Cara :

1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang
sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang
terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.





Comments