KBB#20: Biskuit Tradisional – Kue Bangket






Tantangan KBB yang ke 20 ini, lain daripada lainnya. Kali ini tantangannya membuat kue bangket yang aslinya berasal dari Riau. Kue bangket ini sendiri aku belum pernah makan. Tapi kalo dilihat seperti kue satu. Kalo kue ini, aku suka makannya. Setelah menerima beberapa resep bangket dari imel,aku memilih resep bangket susu. Tapi kalo buat bangket susu ini, suamiku pasti tidak mau mencicipi karena dia ga suka ama susu, makanya aku ganti aja dengan selai blueberry. Awalnya bingung mo ngerjain kue ini. Bahannya sederhana banget dan cara pembuatannya sederhana banget. Tapi apa hasilnya bisa sukses, itu yang perlu diperlihatkan. Semua adonan aku campur, trus rada bingung juga. apakah adonan ini nanti bisa didimasukin ke cetakan karena mawur banget. Tapi aku inget pie, mirip-mirip. tidak perlu mikser utk menyatukan adonan ini. Setelah semua adonan jadi satu, aku cetak di cetakan sus kecil-kecil atau cetak pie yang kecil-kecil. Aku padatkan ke dalam cetakan tersebut. Setelah itu dipanggang selama 10 menit. Karena bandel, aku tambahkan menitnya menjadi 20 menit. Abis takut ga mateng. Ternyata hal itu membuat kue jadi keras karena kelamaan di oven. Setelah dingin, aku keluarkan dari cetakan, dan mudah sekali tidak mawur atau rapuh. malah agak keras. Kalo digigit agak keras sedikit, jadi lebih enak di emut. Dan dia akan lumer dilidah. Karena pake blueberry, rasanya lebih enak.



Bangket Bluebbery
(resep asli bangket susu by nadrah, dimodifikasi sedikit bgt)

Bangket Susu

Bahan:
• 500 gr sagu
• 100 gr margarine
• 150 gr gula halus
• 75 gr selai blueberry

Cara membuat:
1. Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan.
2. Campur semua bahan.
3. Cetak menggunakan cetakan kue satu.
4. Bakar dengan api kecil (140 derajat Celcius) selama lk 10 menit.
5. Angkat kukis tidak pada saat panas. Karena kue ini texturnya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur di toples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.





Comments

  1. hehehe... sama... punyaku jg keras, kelamaan manggang... makannya nggak bisa digigit, harus diemut :)

    ReplyDelete
  2. jadi bener ya mba ely, kalo kelamaan manggang jadi keras. aku pengen nyoba lagi hari sabtu ato minggu. mudah-mudahan bisa.

    ReplyDelete
  3. hihihi. aku suka banget resep bangket susu ini mbak, aku kmrn coba bikin juga setengah mati nyetaknya.. ngadon sama nyetak lamaan nyetaknya jauh. haha. tp hasilnya puas banget di mulut walaupun aga kemanisan ya.. xixixi

    ReplyDelete
  4. @monica : bener banget, agak manis yah. mungkin kita kurangin dikit. btw, jempolnya cenut-cenut ga mba...qiqiqiqi....

    ReplyDelete
  5. Hola Gilby...baru sempet keliling niy..., bangket nya inspiring...xixixixi...btw.. tolong invite ke fb baru ku di bibien kartika yhaaa..yang lama imel nya di hacked....*menyebalkan...:o( *

    ReplyDelete
  6. @mba kartika : maaf banget baru buka blog lagi...biasa mba kalo akhir tahun, ya kerjaan banyak, ya liburan juga banyak....hehehehe...aku add lagi fbnya ya mba....

    ReplyDelete

Post a Comment