KBB#22 - kue Indonesia dengan kreasi caramel






Tantangan kali ini memadukan resep kue Indonesia dengan kreasi caramel. Buka sana sini buku resep. Tapi akhirnya dapat idenya dari Lanny. Buat Chroquembouche aka Sus disusun seperti kue pengantin dan dihiasi dengan caramel atau spun sugar. Buat sus sih insyaallah bisa. Tapi spun sugarnya itu yang diragukan. Karena sebelum dapat ide membuat Chroquembouche ini, aku udah membuat Puding Karamel Berisi yang garnishnya dari Spun Sugar. Tapi karamelnya ternyata patah-patah. Untung di Chroquembouche ini, aku berhasil membuat karamelnya dan membuat rambut-rambut di atas sus. Berhasil….berhasil. Walau belum sempurna. O iya, untuk foto-foto pembuatan karamelnya, maaf tidak sempat untuk didokumentasikan.



Chroquembouche


Choux Pastry (Kulit Soes)

Sumber : Yasa Boga


Bahan :

150 gr tepung terigu

100 gr mentega tawar (125 gr blue band – gilby)

250 cc air (200 cc air – gilby)

4 butir telor

½ sdt garam

Cara membuat :

1. Masak air, mentega dan garam sampai mendidih dan mentega mencair semua.

2. Masukkan tepung terigu sekaligus, agar tidak menggumpal. Aduk-aduk sampai tercampu rata. Jika sudah tampak mengkilat, tanda adonan matang, baru angkat dari api

3. Dinginkan adonan (aku pake kipas angin kecil, supaya cepat dingin :) )

4. Setelah adonan dingin, masukan telur satu persatu sambil aduk pakai sendok kayu atau kocok dengan mixer kecepatan rendah, smpai adonan tercampur rata.

5. Masukkan adonan ke dalam kantung plastic segitiga, gunting ujungnya.

6. Siapkan cetakan kecil-kecil (aku pake cetakan nastar) dan diolesin mentega. Semprotkan adonan sus ke dalam cetakan.

7. Panggang sus hingga matang



Vla Coklat

Bahan :

3 sdm maizena

1 sdm coklat bubuk

Pasta mocca

500 ml susu cair

Gula secukupnya


Cara membuat :

Masak susu hingga mendidih, masukkan maizena dan coklat aduk rata. Masukan gula . masak hingga meletup-letup.


Spun Sugar

Bahan

250 gr gula pasir

3 sdm air

1 sdm mentega


Cara membuat :

Karamelkan gula pasir hingga coklat dan gula mencair semua. Lalu masukkan mentega dan air. Aduk hingga rata. Masak hingga caramel terasa pas (ga punya thermometer candy, jadi kira-kira saja J)


Penyelesaian:

Lubangi bagian bawah kue sus dengan ujung pisau masukkan isi vla coklat dengan kantong semprot. Celupkan pantat kue sus dalam caramel. Susun menyerupai gu

nung. Sisa karamelnya diaduk-aduk hingga kental, ambil dengan garpu, tarik berulang kali di atas kue sus hingga membentuk rambut gula, putarkan sekeliling gunungan sus.


Comments