KBB 23 - Lemon Cheesecake



Selama bulan April kemaren, setiap minggu buat cizkeik dari cizkeik strawberry, blueberry dan fruity. Ga taunya di akhir bulan april, dapat tantangan dari KBB membuat Lemon Cheesecake. Waduh, udah pasti berat badan dan kolesterol bisa naik nih. Wong sampai bulan mei ini pasti nyicipin terus cheesecake. Setelah kubaca tantangan KBB 23 ini, ternyata cheesecakenya lain dari yang biasa aku buat. Resep Cheesecake ini katanya sih dari Italia Utara. #sotoy yah.

Setelah membaca resep Lemon Cheesecake, yang pertama kupikir sulit mencari bahannya adalah apricot dan sultana. Sempat ngobrol dengan mba emma, ternyata apricot itu maharani boo. Niatnya sih mo nyari di Titan Fatmawati, tapi waktunya ga ada. Akhirnya nyoba nyari di Hero Bintaro Plaza. Nemu Mascarpone merk Tatua dengan harga Rp. 50.000,-/250 gr, Ricotta Cheese merk Yummy Rp. 29.000,-/250 gr dan nemu Dried Apricot dan sale 50% tapi dengan catatan masa kadarluarsa sampai dengan 25 Mei 2011. Aku beli aja. Kebetulan dalam waktu dekat ini aku mo membuat peer KBB ini biar cepet dilaporkan. Karna bulan Mei ini udah banyak planning.

Malamnya aku mulai buat lemon cizkeik yang pertama (buat 2 kali krn salah prosedur :D). Sukses aku membuatnya dan hasilnya bagus. Dan sudah pula kuhias. Tapi ternyata, setelah liat hasil dari Lanny ternyata manggang cizkeiknya langsung tidak memakai system au baun marie (ABM) dan crustnya harusnya di coating seluruh loyang dan aku hanya membuat crustnya sebagai base aja (bener-bener salah prosedur). Hadooh, begini kalo tidak membaca resep secara keseluruhan, krn kebiasaan membuat blueberry cizkeik dengan system ABM tadi. 2 hari kemudian, aku mengulang lagi membuat cizkeiknya dan kesulitannya adalah menempelkan crustnya. Karena kita perlu hati2 dan agak menekan2 ke Loyang biar crustnya nempel dengan sempurna. Dan hasilnya, pada saat di panggang, cakenya naik dan setelah didinginkan di dalam oven selama beberapa menit, cakenya agak turun sedikit. O iya, aku buat ½ resep utk cake dan 1 resep utk crustnya dengan menggunakan Loyang 18 cm. ternyata, aku salah, crustnya kucoating seluruh Loyang dan adonan cakenya pas dituang ke dalam Loyang cumin ½ Loyang. Hadoh….gawat. akhirnya setelah dipanggang dan didinginkan, crustnya aku potong dan kurapihkan dengan pisau sesuai dengan tinggi cakenya. (mengerjakannya sampai keringetan, karena crustnya rapuh).

Ta da di bawah ini resepnya.

Lemon Cheesecake ,

Sumber: Successful Baking

Cheesecake ala Italian ini memiliki rasa citrusy yang enak sekali disantap dengan espresso kental.


Bahan-bahan :



Untuk 8-10 porsi

¼ cup port ----- (*sejenis wine - bisa diganti)

¼ cup orange juice

75g sultanas

150g mascarpone

400g ricotta

125g gula kastor

2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya

3 buah lemon, parut kulitnya

60g tepung terigu

80g manisan apricot, iris tipis

Crust:

30g mentega tawar

185g kacang2an, haluskan

8 sdt gula kastor

4 sdt dark brown sugar

½ sdt bubuk kayu manis

¼ sdt bubuk mixed spice

Panaskan oven 170C. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi2 loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi mentega leleh.

Panasi port, orange juice, dan sultanas di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Crust: panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah; aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.

Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange juice dan apricots.

Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peaks. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya.

Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray), panggang selama 1 jam, atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas kecoklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul2 dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum disajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.



Comments

  1. Yummyyyyy aku bikin lagi lohhhh hehehe abis enak sih!

    ReplyDelete
  2. Tantangan ini, aku buat 2 kali mba. tp kedua-duanya di rumah ga ada yang doyan....hiks....hiks...jadi ga buat lagi mba.

    ReplyDelete

Post a Comment